Sunday, December 23, 2012

Ceritaku Mendaki Sibayak

Hello... hari ini gw baru saja kembali dari luar medan.. darimana? dari hutan..!! hahah
capeknya kaki gw.. masuk hutan naik turun naik turun naik turun.. becek lagi.. hahaha.. napa gw masuk hutan?? itu dia.. gw ikut teman-teman daki gunung..!!! WOW gitu? haha.. iya daki gunuung sibayak, (demi SUNRISE!!)

Awalnya gw tertarik dengan mendaki, lantaran gw pernah ikut guru SMA gw ke Air Terjun Dua Warna.. (jgn tanya dimana itu? klo ga tau tanya mbah Google).. itu lumayan perjalanan kira-kira 3 jam, kok lama? ya karena rombongannya makin jalan makin memanjang (macam karet aja.. hehe) itu ga terlalu capek.. jadi rasanya ingin lagi..



Nah yang kali ini temannya teman gw ngajak temen gw dan teman gw ajak gw (ga binun kan??)#binun==bingung, asal kata: KBBA (Kamus Besar Bahasa Alay)# hahaha.. Awalnya dgn semangat banget ikut... alhasil perjalanan ke puncak sibayak memakan waktu 6 jam.. !! gara-gara terblokirnya oleh pohon tumbang dan longsor di jalur daki yang dipilih. Dengan terpaksa haruslah dicari jalur lain.. pencarian jalur ini nih yang juga memakan waktu lebih dari sejam (mungkin hampir dua jam juga, gw ga liat jam pada saat itu, yang pasti nemuin jalanya udah pada jam 4 pagi). huih capeknya plus becek..

terakhir jalan yang dijalani adalah salah satu jalan yang cukup berperikemanusiaan, habisnya punya tangga (jgn bayangin kayak tangga di rumah anda, karena nih tangga pun hanya terbuat dari balok beton yang di susun seadanya di sepanjang jalur). Neh tangga bervariasi jarak anak tangga yang satu dengan yang lain.. dari yang kurang dari 1 feet ampe yang lebih dari 1 kaki beneran (maksudnya lebih tinggi dari pinggul anda)... uishh!!

ya gt deh, naik naik naik.. jgn kira puya tangga lebih baik dari yang ga punya tangga.. punya  tangga pun juga sama capeknya..!!! Skrg akhirnya udah ampe di puncak.. eehhh makin dekat puncak makin hilang tuh tangga, ganti tangga yang lain (tangga alami alias bebatuan dengan sedikit tempat pijakan). mendekati puncak, bebas dari becek maupun semak belukar, ganti dengan semuanya batu. Miriplah macam di tivi-tivi yang shoot pendaki daki gunung yg hanya ada bebatuan.. Bagian ini hanya da naik ga ada turun karena minimnya tempat pijakan (hati-hati kalo naik duluan karena batu yang anda pijak bisa jatuh dan kena kepala rekan anda dibawah, saran saya tetap pakai topi atau sejenis penutup kepala yang agak tebal jadi kalo kena ga fatal, dan jgn lupa peringati bahaya jatuhnya batu ke rekan dibawah)

Naik- naik akhirnya sampai di puncak.. dan sunrise udah telat dikit tapi masih lumayan lah.. pada saat itu udah jam 6 lewat..Nah di atas ini, super dingin!! kira-kira adalah dibawah 10 derajat celcius (ga hitung, cuma dibandingin pas masuk Medan Salju, tempat pameran karya seni pahat es di Medan dulu, dingin nya sama!) ampe tangan mati rasa.. Saya yang ga biasa ya kek gini nih.. tapi klo udah biasa kayak para pendaki lainnya yang udah mahir.. bagi mereka biasa aja, pake celana ponggol, baju tak berlengan, tanpa jaket.

Bagi yang ga biasa, tips saya sediain 2 sarung tangan satu untuk waktu mendaki, satu untuk pas di puncak dna untuk turun. (karna pas mendaki bisa aja sarung tangan basah)
trus pake kaus kaki yang agak tebal, pake penutup kepala yang agak tebal yang biasanya di pake para pendaki gunung es. jaket yang bisa menyimpan panas tubuh (jgn jaket yang terbuat dari kain sintetik polimer mirip jas hujan)...

habis diatas bakal nampak kota-kota yang dibawah, (menurut saya sih kota medan dan sebagian kota berastagi). trus ada kawah yang berlapis belerang, plus semburan uap panas bumi dengan bau belerang.. pas hari ini untung arah anginya meniup uap itu menjauh dari puncak tempat saya berdiri, jadi ga kecium banget bau belerang yang menyengat itu.

Setelah istirahat dan berfoto-foto. berikutnya turun.. turun kita lewat jalur yang jauh lebih mudah (beraspal) walau beraspal, tetap aja capek, karena jalan nya miring.. dengan kemiringan kira-kira 20 derajat sampai 40 derajat.. yang capek adalah lutut dan pergelangan kaki..!! ampe dibawah, kurasa anda udah tau lah apa selanjutnya hahaha..

Menurut saya barang yang penting di bawa mendaki itu selain makanan adalah, air minum (bagi saya 1,5 liter cukup, jika lebih maka makin berat bawaan dan tergantung kemampuan anda) kamera digital untuk foto, senter klo daki di malam hari, sepatu atau sandal gunung cadangan, (mana tau sol anda lepas di tengah jalan).. itu aja kayaknya selain jaket, sarung tangan, penutup kepala untuk menghalau dingin..

klo bisa jgn bawa yang berat2, P3K ingat bawa, amna tau ada yang terluka. Berikut bbrp foto yang kuambil dengan kamera HP Samsung gw.. (gimana lagi lupa bawa kamera digital Canon gw T.T).















No comments:

Post a Comment